Apa yang keliru dalam dunia pendidikan kita ?
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang maha
segala-galanya , , , jadi manusia itu bukan produk abal-abal . . . manusia itu
makhluk yang jauh lebih canggih dari produk manapun yang telah dan akan dibuat
oleh manusia itu sendiri. . .. apakah Tuhan telah salah dengan ciptaanNya ? ? ?
?.... . .
Nah disinilah letak kesalahan terbesar dalam memahami apa
dan siapa sebenarnya manusia itu . . . sehingga berdampak dan mewarnai
terhadap segala aktifitas yang ada dalam Dunia pendidikan kita yang pada
akhirnya berujung pada sikap dan perilaku pengambilan keputusan terhadap
berbagai kebijakan yang menyangkut perihal pendidikan dan lebih lanjut masih
belum memperlakukan manusia selayaknya manusia . . . yang akhirnya
merambah kemana-mana , berhubungan dengan . . rekruitmen , , kurikulum . . . sistem . .
dan lain-lain . . . .
Seharusnya kesadaran seperti ini sudah dimiliki menjadi kesadaran nasional sejak pertama awal negara ini berdiri . . . . 67 tahun yang lalu . . . 1945 kemerdekaan Indonesia . . .Namun pada kenyataannya setelah 67 tahun terlewati , pun tidak kunjung terjadi . . . . . . menyedihkan ! ! ! !
Seharusnya kesadaran seperti ini sudah dimiliki menjadi kesadaran nasional sejak pertama awal negara ini berdiri . . . . 67 tahun yang lalu . . . 1945 kemerdekaan Indonesia . . .Namun pada kenyataannya setelah 67 tahun terlewati , pun tidak kunjung terjadi . . . . . . menyedihkan ! ! ! !
Berangkat dari pemahaman bahwa manusia adalah hasil ciptaan Tuhan yang Maha Sempurna, . . maka seharusnya apa yang patut kita lakukan , khususnya dalam dunia pendidikan ? ? ? ?.
1. Rekruitmen :
Kurang-lebih 250 juta jiwa penduduk Indonesia, itu artinya 250 juta juga nyawa yang memiliki arti di muka bumi ini , juga tiap-tiap nyawa tentu Tuhan telah melengkapinya dengan berbagai instrumen yang bermanfaat buat kehidupan ini. . . Maka ketika kita beranggapan bahwa si A itu pintar , , si B bodoh . .. si C nggak bisa apa-apa , , dstnya - dstnya . . . maka sesungguhnya kita telah mencela keberadaan Tuhan itu sendiri. . . . karena nggak mungkin Tuhan telah salah dengan ciptaanNya.
Dengan demikian kebiasaan dunia pendidikan kita yang melakukan seleksi ataupun rekruitmen hanya berdasarkan kriteria-kriteria keinginan sesaat nan pendek . . . sudah dapat dipastikan . . . pekerjaan ini lebih banyak membuahkan kejelekan daripada kebaikan . . .
2. Sistem
Sebelum negara ini merdeka , pendidikan di negeri ini pun sudah ada ,, , , Beralihnya status dari negara jajahan menjadi negara merdeka , , bukanlah hanya melulu berganti penguasa . . . akan tetapi Sistem , juga harus diganti . . .
Sistem pendidikan kita yang masih mirip-mirip zaman feodalism harus dihilangkan sama-sekali . . yaitu : "ketidak-adilan"
apa itu ? ? ? Negara harus mem-fasilitasi seluruh warganya dalam hal menikmati pendidikan tanpa dibatasi , , , tanpa pengecualian, . .
3. Kurikulum.
Manusia itu unik, . . manusia itu punya kecerdasan . . dan manusia itu penuh dengan misteri . ..
Ketika ujian nasional, . . ketika ujian smester . . ketika ujian ini dan itu . . . yang diberi nilai adalah murid-murid . . yang di evaluasi adalah murid-murid . . .
Padahal yang seharusnya di evaluasi adalah : kurikulumnya sudah benar apa belum, , , , gurunya apakah hanya sekedar cari uang atau benar-benar seorang pendidik. . . . dll , - dll sbnya
Seharusnya hal ini sudah dilakukan ketika negara ini memplokamirkan kemerdekaannya sejak 67 tahun yang lalu . . . . .
Namun jika sampai detik sekarangpun masih , , dan hanya terus menerus menjadi wacana . . .
Sepertinya untuk Indonesia menjadi negara maju , sejahtera, adil dan makmur . . .
Keburu kiamat . . . . ..